10/01/2009

Gempa 7,6 SR di Sumatera Barat 30 September 2009

Seperti yang di rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rabu 30 September 2009 pukul 17:38:52 WIB telah terjadi gempa berkekuatan 7,6 SR dengan kedalaman 110 Km di Sumatera Barat. Pusat gempa sendiri berada pada 22 Km Barat Daya Pariaman, 52 Km Barat Laut Padang, 66 Km Barat Daya Bukit Tinggi, 77 Km Barat Daya Batusangkar. Karena skalanya besar gempa ini pun dirasakan juga hingga ke Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau bahkan Singapore.


Hingga info ini KarIn rilis (30 September menjelang tengah malam), dikabarkan banyak bangunan hancur dan hampir 100 warga dipastikan tewas, angka ini diperkirakan bertambah mengingat situasi disana belum memungkinkan untuk dilakukan evakuasi secara cepat apalagi listrik sempat mati total. Dalam kaitannya dengan kemungkinan Tsunami, BMKG mengumumkan gempa ini tidak berpotensi disusul Tsunami.

Sebelumnya, pada tanggal 28 September 2009, BMKG sendiri sudah memberikan peringatan dini seperti yang ada di situs onlinenya (www.bmkg.go.id) tentang prediksi adanya hujan lebat dan angin kencang di wilyaha Indonesia bagian Barat dan Utara serta di sekitar ekuator dari 29 September – 1 Oktober 2009. Selain itu gelombang tinggi diperkirakan terjadi pada 28 – 30 September 2009.

Terkait bencana alam berupa gempa di Sumatera Barat dan sekitarnya ini, untuk Anda dimanapun yang memiliki kemampuan untuk memberikan bantuan terutama secara materi agar segera menghubungi pos penyalur bantuan untuk meringankan para korban disana, baik melalui media massa maupun instansi terkait.

(sumber Karawang Info)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © Berita Infeksys